Resensi Islamic Studies Pengarang Pak Ade


Nama : Iebni Tsaqib
NIM   : 933507619
Jurusan : Komunikasi Penyiaran Islam
Matkul : Metodologi study Islam
Dosen pengampu: Dr.Limas Dodi, M.Hum


IDENTITAS BUKU
Judul buku : Islamic studies
Penulis : Dr.Limas Dodi, M.Hum
Cetakan : pertama, Oktober 2015
Ukuran : 16x24
Jumlah halaman : xvi + 319 hal
Edit teks : Abdul najib
Layout : Muh.ikhfnur Rozikin
Desain cover/isi : Muh.ikhfanur Rozikin

Dalam buku karangan Dr.Limas Dodi, S.Th.I,M.Hum. atau lebih dikenal pak Ade pembaca bisa  dengan mudah memahami metodologi studi islam dengan cara yang lain.. Buku ini menjelaskan kepada kita tentang metode-metode untuk memahami dan mempelajari islam dari sisi manapun mulai dari  masalah ekonomi, budaya , pendidikan dan lain-lain .
buku ini tersusun atas 13 bab yang menjelaskan semua metode-metode dalam mempelajari agama islam serta kajian –kajian keislaman. Pada jumlah 13 bab tersebut berisi pengertian, pengantar, penelitian studi islam, model-model penelitian tentang agama, Dan didalam buku ini kita dapat dengan mudah menemukan jawaban atas keraguan tentang beberapa pertanyaan seperti agama sebagai ideologi, produk-produk budaya yang dihasikan oleh islam, karakteristik ajaran islam dan masih banyak lagi lainnya yang dapat dijawab melalui buku ini. Di dalam buku ini juga memberitahukan tentang dimana letak dari posisi central al quran dan hadis serta macam-macam pendekatan dalam studi islam. Pendekatan yang dikaji disini merupakan pendekatan yang telah diakui dan telah digunakan oleh para penulis sebagai pengkaji dari luar penganut islam dan dari penganut islam itu sendiri. Pendekatan yang ada dibuku ini antara lain sebagi berikut
1.      Pendekatan sosiologi yaitu pendekatan ini digunakan untuk interasi manusia
2.      Pendekatan historis yaitu pendekatan yang digunakan untuk mempelajari tentang sejarah
3.      Pendekatan psikologis yaitu pendekatan yang digunakan untuk mempelajari masalah kejiwaan
4.      Pendekatan hukum islam yaitu pendekatan yang digunakan untuk mempelajari tentang hukum yang ada di al quran
5.      Pendekatan antropologis yaitu pendekatan yang digunakan untuk mempelajari budaya manusia
6.      Pendekatan teologis normatif  yaitu pendekatanmempelajari tentang ketuhanan yang dimana semuanya dikupas secara mendalam dan terperinci
7.      Pendekatan filologis yaitu pendekatan yang digunakan untuk mempelajari sebuah teks dimana islam akan diterjemahkan kedalam bahasa yang akan mempermudah pemeluknya untuk memahaminya.
Dengan kata lain, islam yang dimaksud dalam buku ini adalah al quran dan hadis akan diolah dengan memnggunakan pendekatan –pendekatan yang kemudian akan menjadi sebuah kehidupan yang dapat berjalan selaras dengan al quran dan hadis tersebut. Secara otomatis jika kehidupan menjadi baik , maka hubungan manusia dengan tuhan akan menjadi baik.
Kelebihan buku :
ü  Cover sangat menarik sehinnga orang yang pertama kali pembaca penasaran untuk mengetahi isi buku tersebut.
ü  Banyak footnot yang berguna untuk mencari reverensi buku-buku yang tercantum.
            Kekurangan :
ü  Kata-kata ilmiah dalam buku terlalu tinggi sehingga sulit di fahami bagi orang awam.
ü  Buku ini tidak di perjual belikan secara luas ,sehingga mahasiswa yang membutuhkan buku ini sangat kesulitan.        
Saran :
ü  Saran saya ,buku ini bisa di berikan beberapa contoh tengtang apa yang di bahas dalam buku tersebut,dan untuk istilah bahasa asing saran saya bisa juga di berikan terjemahan dan petujuk supaya lebih mudah di fahami .
ü  Dalam buku alangkah lebih mudah di fahami jika buku tersebut di susun menggunakan istilah yang umum supaya orang awam bisa mudah dan faham isi buku tersebut.

Komentar